Tips Sederhana Ringankan Tarikan Motor
Tarikan motor bro/sis terasa agak
berat ? kurang responsif ? lelet ? Kurang puas dengan performa motor standart ?
Nah di sini NP mau berbagi tips
sederhana yang NP tahu tentang cara meringankan tarikan motor. Modifikasi ini
gak terlalu repot dan gak terlalu bersifat ekstrim. Segera deh NP jabarkan …
1.) Memasang 9power
Alat sederhana, kecil, tapi memiliki
manfaat yang cukup lumayan. Diklaim oleh pabrikan 9power dapat menambah
akselerasi motor. Memperlancar aliran listrik oleh koil, sehingga pembakarannya
lebih sempurna. Katanya sih bikin sdikit lebih irit juga. Cara memasangnya
cukup dipasang di kabel busi. Untuk motor 4 tak lebih baik langsung
memakai 2 buah 9power. NP udah memasang di motor NP, dan hasilnya lumayanlah …
2.) Busi iridium
Busi iridium diklaim oleh pabrikan
memiliki sistem yang bisa membuat pembakaran pada motor lebih sempurna.
Sehingga akselerasi/tarikan motor menjadi lebih baik. Lebih maksimal hasilnya
jika diikuti setting motor yang pas dan part racing lain. NP udah coba dengan
setting motor yang sdikit dimaksimalkan. Hasilnya lumayanlah …
3.) Setting Gear Ratio
Cara ini memiliki manfaat yang cukup
signifikan. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin bagu tapi top speed
agak turun. Contoh : Gear belakang Vixion standart berukuran 42, setelah
diganti dengan yang berukuran 44, maka tarikan pun makin ringan. Tapi resikonya
top speed dan nafas motor menjadi agak turun.
Cara menghitung rasio gear dengan
mudah dan simpel yaitu : Ukuran gear belakang dibagi ukuran gear depan. Makin
besar rasio gear, tarikan makin ringan tapi nafas motor lebih pendek. Semakin
kecil rasio gear, tarikan lebih berat tapi nafas motor lebih panjang.
4.) Porting Polish dan Papas head
Porting polish yaitu
modifikasi mesin yang dilakukan dengan cara men-setting ulang lubang
masuk/keluar di head silinder. Hal ini dilakuakn agar bensin yang masuk ke
ruang bakar menjadi lebih optimal.
Sedangkan papas head adalah langkah
yang dilakukan untuk menaikkan kompresi motor. Hal ini dilakukan dengan cara
membubut/memapas head silinder. Resikonya motor harus memakai bahan bakar
berkualitas baik dan beroktan tinggi semacam Pertamax atau Pertamax Plus.
Cara-cara tersebut dapat sedikit
meringankan tarikan motor tapi porting polish dan papas head harus dilakukan di
bengkel yang benar-benar ahli agar tidak terjadi kesalahan atau
bahkan kerusakan pada mesin.
Sekian yang bisa NP tulis. Semoga
bermanfaat bagi para pembaca dan ambillah segi positifnya saja …
.
Cara Paling Mudah Membuat Tarikan Motor Matic Menjadi Panjang
Sebagai
seorang bikers yang mempunyai tunggangan masing masing selalu saja merasa
kurang puas terhadap performa motornya, khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan
Matic. Banyak cara yang dilakukan untuk merubah performa kendaraan
mulai daeri segi penampilan luar dengan mengganti striping standar ke dalam striping
variasi atau thailand, hingga dari tampilan dalam mesin, atau
istilah gaul nya "mengorek mesin". Untuk motor matic
hal yang paling penting diperhatikan adalah bagian v-belt dan bagian roller.
Dalam hal ini untuk para bikers yang ingin meningkatkan performa dari motor
matic anda diantaranya anda dapat merubah bagian Roller, sebelum kita membahas
lebih dalam, mungkin diantara bikers ada yang belum mengetahui fungsi dari
Roller tersebut.
Fungsi
roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan
keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan
sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga
motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik
itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.
Bentuk
roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna
mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka
sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan
biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan
panas.
Prinsip kerja Roller pada
dasarnya sebetulnya mirip sekali dengan Gear set, pada motor yang memiliki
system penggerak rantai. Karena skutik menggunakan V-belt didalam menggerakan
roda dengan melalui perputaran Kruk as roda yang sebelumnya diputar oler
V-belt.
Cara
Meningkatkan Performa, Akselarasi dan top speed
Untuk
para bikers yang ingin matic nya menjadi kencang atau nyaman berkendara si
sesuai medan, langkah berikut ini semoga dapat membantu memecahkan solusi anda.
Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel dari
variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic.
Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam hal ini sebuah
motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam meng-”utak-atik”
roller, Anda hanya akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu : “Aselerasi” atau
“Top Speed”.
Bila
kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan, kondisi
yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan Anda sebaiknya
adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik bila Roller memiliki
berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller yang dipergunakan
adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi aselerasi ini dengan menggunakan roller
12 Gram.
Namun
jikaAnda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh
atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top Speed
lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas, Top speed yang lebih
baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan yang lebih berat dari
berat standard, misalnya dengan Roller 14 Gram. Biasanya performa
seperti ini banyak diterapkan oleh kendaraan matic Yamaha Mio dan Honda Beat
maupun Vario.
Cara
Membeersihkan Roller
Semakin
sering motor dipakai makai akan semakin kotor bagian dalam mesin, begitupun
dengan Roller. Kebanyakan dari Roller yang lama belum diganti akan menjadi
terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan Roller secara berkala juga sangat
diperlukan, dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan
debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang
memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan
lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.
Bentuk Roller yang sudah tidak
bulat
Untuk
Roller yang sudah memiliki bentuk tidak bundar presisi lagi,sebaiknya harus
diganti dengan yang baru, karena jika tida diganti kemungkinan besar akan
berpengaruh terhadap kinerja V-belt dan bagian bagian yang mendukung
berputarnya roda.
harga roller brapa yah yg 14gram kira2 yg bagus merek apa?
BalasHapusCara ngitung rasio rx king bgaimana yaa?
BalasHapusCara ngitung rasio rx king bgaimana yaa?
BalasHapusApa kendala bila kita memekai loler 10 gram untuk touring
BalasHapusWow ada memasang power, gimana itu jadinya nanti, + dan - bagaimana ?
BalasHapushttp://pagiracingsport.blogspot.com/2016/01/tips-meringankan-tarikan-motor.html
Hitung2an rasio sama saja gan
BalasHapus